Seperti Aksi di Film  Mobil Ini Terbang dan Terbalik, Kok Bisa? Begini Ceritanya

(dok:screenshoot.kompas.com)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Sebuah video rekaman detik-detik sebuah mobil terbang dan terbalik usai menabrak ban mobil yang terlepas, viral di media sosial Twitter dan TikTok.  Dalam video yang diunggah oleh akun ini, mobil tersebut akhirnya terpelanting di tengah jalan raya dan mengalami kerusakan hebat. Kerusakan terjadi di segala sisi, mulai dari bagian bumper, belakang, kaca, dan atap hingga puing-puingnya berserakan di tengah jalan.

 Kecelakaan tersebut melibatkan mobil KIA Soul berwarna hitam dan Chevrolet Silverado berwarna putih. 

Dikutip dari kompas.com, kronologi mobil terbang usai tabrak ban lepas Dilansir dari New York Post, kecelakaan yang menyebabkan KIA Soul terpental ke udara terjadi di jalan bebas hambatan di California, Amerika Serikat. Kecelakaan itu terekam kamera sebuah mobil Tesla yang dikemudikan Anoop Khatra pada Kamis (23/3/2023) lalu.

 Dari video yang beredar, tampak pada awalnya mobil KIA Soul melaju di lajur sebelah kiri dan berusaha mendahului Chevrolet Silverado di sisi kanan. Tiba-tiba roda bagian kiri depan mobil Chevrolet Silverado lepas dan bergulir ke bagian depan KIA Soul yang sedang melaju

Mobil KIA Soul yang tak sempat menghindar akhirnya menabrak roda Chevrolet Silverado yang lepas di tengah jalan dan menyebabkan mobil ini terbang ke udara. Tak hanya itu, kendaraan tersebut juga terpelanting dan berputar-putar di tengah jalan yang menyebabkan bagian bumper, belakang, kaca, dan atap mengalami kerusakan.

 Sementara Chevrolet Silverado yang bannya lepas sempat hilang kendali namun pengemudi dapat menempikan mobilnya ke sisi kanan jalan. Tidak ada korban jiwa Meskipun kecelakaan yang dialami KIA Soul begitu parah, otoritas setempat melaporkan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. 

Pengemudi KIA Soul hanya mengalami luka ringan dan tidak ada orang lain yang terluka setelah kecelakaan terjadi. Kendati demikian, otoritas setempat belum mengetahui penyebab lepasnya roda bagian depan kiri Chevrolet Silverado.

 "Kecelakaan mobil paling gila," kata Khatra.

Chevrolet Silverado diperiksa KTLA melaporkan bahwa kecelakaan yang menyebabkan KIA Soul ringsek berada di jalur timur 118 Freeway dekat De Soto Avenue, Chatsworth. Setelah peristiwa KIA Soul terbang usai menabrak ban lepas di tengah jalan, otoritas setempat langsung memeriksa Chevrolet Silverado. Otoritas setempat mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki apakah Chevrolet Silverado yang menyebabkan kecelakaan dimodifikasi. 

Tak hanya itu, mobil double cabin ini juga diperiksa riwayat servis terakhirnya dan faktor lain yang menyebabkan roda lepas dari as atau poros. "Saya tahu ada beberapa laporan bahwa pihak tersebut mencoba melarikan diri dari tempat kejadian," kata petugas California Highway Patrol (CHP), Weston Haver.

 "Tetapi ia (pengemudi) hanya menepi ke bahu kanan, yang jika Anda dapat melakukannya dengan aman," sambungnya. 

Identitas pengemudi KIA Soul Haver menyampaikan bahwa pengemudi KIA Soul yang berusia 29 tahun dapat keluar dari mobilnya yang sudah hancur total setelah kecelakaan. Ia selamat dari kecelakaan hebat tersebut karena menggunakan sabuk pengaman (seat belt).

 Di sisi lain, Haver juga mengatakan pihaknya belum menemukan indikasi pengemudi KIA Soul ugal-ugalan di jalan raya. Pengemudi Chevrolet Silverado yang berusia 24 tahun asal Canoga Park, Los Angeles kemungkinan juga tidak akan dituntut secara pidana. 

"Tesla juga rusak oleh puing-puing yang terlihat di video dasbor mobil yang terbang dari KIA, tetapi pengemudinya, Anoop Khatra, tidak terluka," kata Haver.***